Mereka pahlawan, walau di bumi tiada yang mengenal

Di saat orang lain memikirkan nasibnya masing masing, mereka lebih memilih untuk memikirkan nasib orang lain. Para kaum marginal yang seringkali kita lupakan eksistensinya, bahkan kita menutup mata terhadapnya.

Mereka mengajarkan cara memancing, bukan memberi ikan dengan cuma cuma. Give a man a fish, and you feed him for a day. Teach a man how to fish, and you feed him for a life time.

Pemberdaya Sumber Energi Terbarukan di daerah Terluar Indonesia

Tri mumpuni,  adalah tokoh yang mengembangkan kemandirian masyarakat di kawasan terpencil melalui pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) yang kiprahnya telah diakui baik di dalam negeri maupun di luar negeri

Hidup untuk Kebermanfaatan

Angga Lestari adalah sosok muda yang sangat inspiratif lantaran di usianya yang masih sangat belia, dia mampu memaksimalkan kebermanfaatan dirinya. Perbuatan baiknya kini diganjar dengan beasiswa ke luar negeri oleh Allah SWT. 

Rumah Sakit untuk Pasien Tidak Mampu

Dr. Yusuf Nugraha adalah salah satu pejuang kemanusiaan yang dengan ikhlas memberikan pengobatan terjangkau untuk mereka yang kurang mampu. Untuk berobat pada dokter Yusuf, pasien hanya diminta untuk mengaji 1 juz alquran dan atau membayar menggunakan sampah botol plastik.

Sekolah untuk Anak Jalanan

Faiz Fakhrudin, pendiri sekolah Gajahwong. Sebuah sekolah informal untuk mereka anak jalanan dan anak anak dari para pengamen dan pemulung. Di sekolah ini, Faiz berusaha memutus rantai kemiskinan yang sudah menjadi sebuah struktur sosial di negeri kita ini. Mereka anak jalanan tidak memiliki akta kelahiran, karena ayahnya tidak memiliki KTP. Bagaimana mungkin mereka sekolah sedangkan syarat untuk masuk sekolah adalah akta kelahiran.

Pemelihara Orang Gila

Kang Dadang sebelumnya merupakan seorang pegawai PLN. Satu kejadian dalam hidupnya akhirnya membawa Kang Dadang untuk merawat mereka yang mengalami gangguan jiwa/ hilang ingatan. Suatu hari, Kang Dadang melihat penderita gangguan kejiwaan yang makan makanan di tempat sampah. Naluri Kang Dadang kala itu bangkit. Dimana rasa kemanusiaan kita terhadap sesama manusia yang masih memiliki nyawa. Percuma kita peduli kepada binatang dan tumbuhan kalau terhadap sesama manusia sendiri kita tidak peduli.

Pemerhati anak Down syndrome

Perkenalkan Ibu Eko Setiyasih, ibu bagi para anak anak penderita Down Syndrome. Ibu Eko berjuang untuk memberikan pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus agar mereka bisa mandiri kelak ketika dewasa. Ibu Eko yakin, kelak di surga nanti ia akan bertemu dengan anak-anak didiknya dengan lebih baik, tanpa kelainan yang mereka alami di dunia.

Pemberdaya desa pra sejahtera

Inilah Jumali Wahono, sosok pemberdaya desa yang bisa menyulap desa pra sejahtera menjadi pusat budidaya durian dan pepaya. Bahkan, desa tersebut pernah tercatat MURI karena menghasilkan durian terbesar di Indonesia. 

Pemerhati Tuna Grahita

Eko Mulyadi, pemerhati tuna grahita di Ponorogo Jawa Timur. Lewat tangan dinginnya, ia membuat mereka yang sebelumnya dianggap sebagai beban, menjadi produktif dan menghasilkan. Atas jasanya, saat ini Eko Mulyadi terpilih sebagai kepala desa.

Guru Tapal Batas Indonesia

Anakmu memang membutuhkan kamu, namun anak anak di Alor lebih membutuhkanmu. Inilah kisah  perjuangan  sepasang suami istri  yang rela meninggalkan anaknya yang masih balita demi mengajar di daerah tapal batas. Mereka mengenalkan kepada anak anak Alor arti Indonesia, arti cinta NKRI, dan semangat nasionalisme

Rumah sakit Apung untuk daerah terluar Indonesia

Mendapatkan pelayanan kesehatan adalah sesuatu yang sulit di daerah tapal batas. Ada rumah sakit, tidak ada tenaga medisnya. Ada tenaga medis, namun lokasi nya sangat jauh. Disinilah tugas dan fungsi rumah sakit apung hadir, untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi mereka yang tidak terjangkau oleh rumah sakit.